Entri Populer

Rpp Madrasah Ibtidaiyah

RPP Al -Qur'an hadits


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( R P P )
Sekolah                            : MIN Loa Tebu
Mata Pelajaran                : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester             : I (Satu  / 1  (Ganjil)
Alokasi Waktu                 : 4 X 30 Menit ( 2X Pertemuan)
A.       STANDAR KOMPETENSI
1.      Menghafalkan surat-surat pendek  secara benar  dan fasih
B.       Kompetensi Dasar
1.1      Melafalkan, surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ikhlas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih
1.2      Menghafal surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ikhlas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih
C.       MATERI PEMBELAJARAN
§  Surah al - Fatihah
D.       TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke – 1,Siswa mampu :
§  Melafalkan surat al-Fatihah
§  Melafalkan surat al-Fatihah secara acak
§  Melafalkan surat al-Fatihah sesuai ayatnya
Pertemuan ke – 2, Siswa mampu :
§  Menghafal surat al-Fatihah sesuai urutan ayat
§  Menghafal surat al-Fatihah setiap ayat secara acak
§  Menghafal surat al – fatihah secara benar dan fasih
E.        INDIKATOR
§  Melafalkan surat al-Fatihah
§  Melafalkan surat al-Fatihah secara acak
§  Melafalkan surat al-Fatihah sesuai ayatnya
§  Menghafal surat al-Fatihah sesuai urutan ayat
§  Menghafal surat al-Fatihah setiap ayat secara acak
§  Menghafal surat al-Fatihah secara benar dan fasih
F.        METODE PEMBELAJARAN

§  Pemodelan
§  Drill
§  Praktik
§  Penugasan

G.       LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke - 1
Pendahuluan
§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa dalam melafalkan surat al-Fatihah
§  Membentuk siswa dalam kelompok kecil maksimal 5 orang
Kegiatan inti
§  Siswa menyimak penjelasan guru tentang, surat al-Fatihah mulai dari identitas surat, pengertian surat, nama surat, tempat diturunkannya surat, serta ayat pertama yang dibaca dalam surat al-Fatihah.
§  Melalui mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan surat al-Fatihah yang dilakukan oleh guru
§  Secara berulang-ulang (drill), siswa menirukan pelafalan surat al-Fatihah dengan benar dan fasih
§  Dengan tehnik adu cepat, secara berkelompok siswa melafalkan surat al-Fatihah
§  Dengan cara bermain game tebak yang dipandu langsung oleh guru, siswa melafalkan surat al-Fatihah secara acak.
§  Secara berkelompok siswa melafalkan surat al-Fatihah dengan cara bergantian disimak oleh teman kelompoknya.
§  Secara berkelompok dan indifidu, siswa bergantian untuk melafalkan surat al-fatihah dengan benar dan fasih.
Penutup
§  Guru mengulang kembali pelafalan surat al-Fatihah ayat demi ayat yang diikuti oleh siswa.
§  Mengadakan Tanya jawab secara klasikal tentang materi yang dipelajari.
Pertemuan ke – 2 :
Pendahuluan
§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Mengisi absensi
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Motivasi, membangkitkan minat dan menumbuhkan kesadaran siswa untuk menguasai materi tentang surah al - fatihah.
Kegiatan inti
§  Membaca berulang-ulang surat al-Fatihah  tiap ayat
§  Menghafal berulang-ulang tiap-tiap ayat dari surat al-Fatihah
§  Menghafal surat al-Fatihah secara benar dan fasih yang dilakukan secara berkelompok atau dengan teman sebangku bergantian saling menerjemah
Penutup
§  Guru mengulang kembali pelafalan surat al-Fatihah ayat demi ayat yang diikuti oleh siswa.
§  Siswa menjawab pertanyaan yang telah disediakan.
H.       MEDIA / SUMBER

§  Kartu ayat surat al-Fatihah
§  Tape recorder
§  Papan penilaian
§  Instrumen kuis
§  Instrumen kerja individu
§  Buku paket

I.          PENILAIAN
# Lembar Kerja Siswa #
  

Soal isian
1.    Surah al- fatihah terdiri dari . . . . ayat
2.    Surah al fatihah diturunkan di kota  . . . .
3.    Al – Fatihah artinya . . . .
4.    Nama lain surah alfatihah adalah . . . .
5.    Ummul kitab artinya . . . .
Kunci Jawaban
1.    7
2.    Mekah
3.    Pembuka
4.    Ummul kitab
5.    Induk kitab


Hubungkanlah lanjutan ayat pada kolom dibawah ini
É                                 k~1=eã                                                                     êã kBæ
                                            k~1=eã  oj1=eã                                                    ê 9j2
                                               GjfReãå<                                                            oj1=eã
                                              GR&Bm !ä}ãp                                                         cfi
                                              o}9hq}                                                                    9çRm !ä}ã
Mengetahui
Kepala Madrasah
  Safriansah S.Pd.I
NIP.19690111199403001
                                          Tenggarong ,02 Agustus 2011
                                          Guru bidang studi Fiqih
                                           Rita mahmudah S.Pd.I
                                           NIP.198105212011012008


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah                            : MIN Loa Tebu
Mata Pelajaran                : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester             : I (Satu  / 1  (Ganjil)
Alokasi Waktu                 : 4 X 35 Menit
A.   STANDAR KOMPETENSI
1.    Menghafalkan surat-surat pendek  secara benar  dan fasih
B.   Kompetensi Dasar
1.1     Melafalkan, surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ihlas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih
1.2     Menghafalkan, surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ihlas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih
C.   MATERI PELAJARAN
§  Surah An - Naas
D.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke – 1, siswa mampu :
§  Menirukan pelafalan guru secara benar dan fasih dengan dibimbing guru secara bersama-sama
  • Bermain kartu ayat pada surat an-Nas (menyocokkan bunyi ayat dan no. Ayat)
  • Membaca berulang-ulang surat an-Nas  tiap ayat
Pertemuan ke – 2, Siswa mampu :
  • Menghafal berulang-ulang tiap-tiap ayat dari surat an-Nas
§  Menghafal surat an-Nas secara benar dan fasih yang dilakukan secara berkelompok
E.   INDIKATOR
§  Menirukan pelafalan guru secara benar dan fasih dengan dibimbing guru secara bersama-sama
  • Bermain kartu ayat pada surat an-Nas (menyocokkan bunyi ayat dan no. Ayat)
  • Membaca berulang-ulang surat an-Nas  tiap ayat
  • Menghafal berulang-ulang tiap-tiap ayat dari surat an-Nas
§  Menghafal surat an-Nas secara benar dan fasih yang dilakukan secara berkelompok atau dengan teman sebangku bergantian saling menerjemah
F.    METODE PEMBELAJARAN

  • Pemodelan
  • Drill
  • Praktik
  • Penugasan

G.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke – 1 :
Pendahuluan
§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa dalam melafalkan surat an – naas
§  Membentuk kelompok kecil maksimal 4 anak
Kegiatan inti
§  Melalui mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan surat an - naas yang dilakukan oleh guru
§  Secara berulang-ulang (drill), siswa menirukan pelafalan surat an - naas dengan benar dan fasih
§  Dengan tehnik adu cepat, secara berkelompok siswa melafalkan surat an - naas
§  Dengan cara bermain game tebak yang dipandu langsung oleh guru, siswa melafalkan surat an - naas secara acak.
§  Secara berkelompok siswa melafalkan surat an naas dengan cara bergantian disemak oleh teman kelompoknya.
§  Secara berkelompok dan indifidu, siswa bergantian untuk melafalkan surat an - naas dengan benar dan fasih.
Penutup
§  Guru mengulang kembali pelafalan surat an - naas ayat demi ayat yang diikuti oleh siswa.
§  Mengadakan Tanya jawab secara klasikal tentang materi yang dipelajari.
Pertemuan ke – 2 :
§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa dalam melafalkan surat an – naas
§  Membentuk kelompok pasangan antar siswa dengan teman sebangku
Kegiatan inti
  • Membaca berulang-ulang surat an-Nas  tiap ayat
  • Menghafal berulang-ulang tiap-tiap ayat dari surat an-Nas
§  Menghafal surat an-Nas secara benar dan fasih yang dilakukan secara berkelompok atau dengan teman sebangku bergantian saling menerjemah
Penutup
§  Guru mengulang kembali pelafalan surat an naas ayat demi ayat yang diikuti oleh siswa.
§  Siswa menjawab pertanyaan yangtelah disediakan.
H.   MEDIA / SUMBER

§  Kartu ayat surat an - naas
§  Tape recorder
§  Papan penilaian
§  Instrumen kuis
§  Instrumen kerja individu
§  Buku paket

I.      PENILAIAN
      # Lembar kerja siswa # 

Soal Isian
1.    Surah an Naas diturunkan dikota . . . .
2.    Surah an – Naas diturunkan setelah surah . . . .
3.    Surah an – Naas ada . . . .ayat.
4.    An – Naas artinya . . . .
5.    Surah an – Naas baik dibaca ketika akan . . . .
Kunci Jawaban
1.    Mekah
2.    Al – Falaq
3.    6 ayat
4.    Manusia
5.    sholat

Mengetahui
Kepala Madrasah
  Safriansah S.Pd.I
NIP.19690111199403001
                                          Tenggarong ,02 Agustus 2011
                                          Guru bidang studi Fiqih
                                           Rita mahmudah S.Pd.I
                                           NIP.198105212011012008


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah                            : MIN Loa Tebu
Mata Pelajaran                : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester             : I (Satu  / 1  (Ganjil)
Alokasi Waktu                 : 4 X 35 Menit
A.   STANDAR KOMPETENSI
1.    Menghafalkan surat-surat pendek  secara benar  dan fasih
B.   Kompetensi Dasar
1.1   Melafalkan, surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ihlas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih
1.2   Menghafalkan, surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ihlas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih
C.   MATERI PELAJARAN
§  Surah al – Falaq
D.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke – 1, siswa mampu :
·         Menirukan pelafalan guru secara benar dan fasih dengan dibimbing guru
·         Bermain kartu ayat pada surat al-Falaq (menyocokkan bunyi ayat dan no. Ayat)
Pertemuan ke – 2, Siswa mampu :
·     Membaca berulang-ulang surat al-Falaq  tiap ayat
·     Menghafal berulang-ulang tiap-tiap ayat dari surat al-Falaq
·     Menghafal surat al-Falaq secara benar dan fasih yang dilakukan secara berkelompok atau dengan teman sebangku bergantian saling menerjemah
E.   INDIKATOR
§  Melafalkan surat al-Falaq tiap ayat
§  Melafalkan surat al-Falaq secara acak
§  Melafalkan surat al-Falaq secara benar dan fasih
·        Menghafalkan surat al-Falaq sesuai urutan ayat
·        Menghafalkan surat al-Falaq secara acak
·        Menghafalkan surat al-Falaq secara benar dan fasih
F.    METODE PEMBELAJARAN

  • Pemodelan
  • Drill
  • Praktik
  • Penugasan

G.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke – 1 :
Pendahuluan
§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa dalam melafalkan surat Al - falaq
§  Membentuk kelompok kecil maksimal 4 anak
Kegiatan inti
§  Melalui mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan surat al – falaq yang dilakukan oleh guru
§  Secara berulang-ulang (drill), siswa menirukan pelafalan surat al – falaq  dengan benar dan fasih
§  Dengan tekhnik adu cepat, secara berkelompok siswa melafalkan surat al -falaq
§  Dengan cara bermain game tebak yang dipandu langsung oleh guru, siswa melafalkan surat al - falaq secara acak.
§  Secara berkelompok siswa melafalkan surat al -falaq dengan cara bergantian disimak oleh teman kelompoknya.
§  Secara berkelompok dan individu, siswa bergantian untuk melafalkan surat al -falaq dengan benar dan fasih.
Penutup
§  Guru mengulang kembali pelafalan surat al - falaq ayat demi ayat yang diikuti oleh siswa.
§  Mengadakan Tanya jawab secara klasikal tentang materi yang dipelajari.
Pertemuan ke – 2 :
§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Motivasi : membangkitkan minat siswa untuk menguasai materi tentang  surat  al – Falaq.
§  Membentuk kelompok pasangan antar siswa dengan teman sebangku
Kegiatan inti
  • Membaca berulang-ulang surat al-Falaq  tiap ayat
  • Menghafal berulang-ulang tiap-tiap ayat dari surat al-Falaq
  • Menghafal surat al-Falaq secara benar dan fasih yang dilakukan secara berkelompok atau dengan teman sebangku bergantian saling menerjemah
Penutup
§  Guru mengulang kembali pelafalan surat al - Falaq ayat demi ayat yang diikuti oleh siswa.
§  Siswa menjawab pertanyaan yang telah disediakan.
H.   MEDIA / SUMBER

§  Kartu ayat surat al - Lahab
§  Tape recorder
§  Papan penilaian
§  Instrumen kuis
§  Instrumen kerja individu
§  Buku paket

I.      PENILAIAN
      # Lembar kerja siswa #
      Instrumen kerja individu

      Soal  B – S,
Lingkarilah B jika kalimat dibawah ini benar dan lingkarilah S kalimat dibawah ini salah
1.    B  -  S  Surah al – Falaq ada tiga ayat
2.    B  -  S  Surah al – Falaq  diturunkan di kota mekah.
3.    B  -  S  Surah al – Falaq diturunkan setelah surah al –Fiil
4.    B  -  S  _fZeãdibaca al - Falaqi
5.    B  -  S  å< dibaca rabbi.
6.    B  -  S  _f5äi lafal terdiri atas 5 huruf.
7.    B  -  S  Al – Falaq artinya waktu subuh
8.    B  -  S  surah al falaq baik dibaca sebelum mandi
9.    B  -  S  Surah al –Falaq adalah surah ke 113
10.  B  -  S  Surah al – Falaq ada 5 ayat.
Kunci Jawaban

1.    S
2.    B
3.    B
4.    B
5.    B
6.    B
7.    B
8.    S
9.    B
10.  B

Mengetahui
Kepala Madrasah
  Safriansah S.Pd.I
NIP.19690111199403001
                                          Tenggarong ,02 Agustus 2011
                                          Guru bidang studi Fiqih
                                           Rita Mahmudah S.Pd.I
                                           NIP.198105212011012008
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah                            : MIN Loa Tebu
Mata Pelajaran                : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester             : I (Satu  / 1  (Ganjil)
Alokasi Waktu                 : 4 X 30 Menit  ( 2 x Pertemuan )
A.   STANDAR KOMPETENSI
1.    Menghafalkan surat-surat pendek  secara benar  dan fasih
B.   Kompetensi Dasar
1.1.    Melafalkan, surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ikhlas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih
1.2.    Menghafalkan, surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ikhlas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih
C.   MATERI PELAJARAN
§  Surah al – Ikhlas
D.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke – 1, siswa mampu :
·         Menirukan pelafalan guru secara benar dan fasih dengan dibimbing guru
·         Bermain kartu ayat pada surat al- Ikhlas (menyocokkan bunyi ayat dan no. Ayat)
Pertemuan ke – 2, Siswa mampu :
·     Membaca berulang-ulang surat al- Ikhlas  tiap ayat
·     Menghafal berulang-ulang tiap-tiap ayat dari surat al- Ikhlas
·     Menghafal surat al-Ikhlas secara benar dan fasih yang dilakukan secara berkelompok atau dengan teman sebangku bergantian saling menerjemah
E.   INDIKATOR
§  Melafalkan surat al- Ikhlas tiap ayat
§  Melafalkan surat al-  Ikhlas secara acak
§  Melafalkan surat al- Ikhlas secara benar dan fasih
·        Menghafalkan surat al- Ikhlas sesuai urutan ayat
·        Menghafalkan surat al-Ikhlas secara acak
·        Menghafalkan surat al- Ikhlas secara benar dan fasih
F.    METODE PEMBELAJARAN

1.    Pemodelan
2.    Drill
3.    Praktik
4.    Penugasan

G.   LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke – 1 :
Pendahuluan
§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Menggali pengetahuan awal kemampuan siswa dalam melafalkan surat Al - Ikhlas
§  Membentuk kelompok kecil maksimal 4 anak
Kegiatan inti
§  Melalui mendengar, siswa menirukan setiap pelafalan surat al – Ikhlas yang dilakukan oleh guru
§  Secara berulang-ulang (drill), siswa menirukan pelafalan surat al – Ikhlas  dengan benar dan fasih
§  Dengan tekhnik adu cepat, secara berkelompok siswa melafalkan surat al -Ikhlas
§  Dengan cara bermain game tebak yang dipandu langsung oleh guru, siswa melafalkan surat al – Ikhlas  secara acak.
§  Secara berkelompok siswa melafalkan surat al -Ikhlas dengan cara bergantian disimak oleh teman kelompoknya.
§  Secara berkelompok dan individu, siswa bergantian untuk melafalkan surat al -Ikhlas dengan benar dan fasih.
Penutup
§  Guru mengulang kembali pelafalan surat al – Ikhlas  ayat demi ayat yang diikuti oleh siswa.
§  Mengadakan Tanya jawab secara klasikal  tentang materi yang dipelajari.
Pertemuan ke – 2 :
§  Menyampaikan salam pembuka yang ramah dan menanyakan keadaan kesehatan, keluarga dan keinginannya
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran yang merupakan kompetensi yang harus dikuasai siswa hari ini
§  Motivasi : membangkitkan minat siswa untuk menguasai materi tentang  surat  al – Ikhlas.
§  Membentuk kelompok pasangan antar siswa dengan teman sebangku
Kegiatan inti
  • Membaca berulang-ulang surat al- Ikhlas  tiap ayat
  • Menghafal berulang-ulang tiap-tiap ayat dari surat al-Ikhlas
  • Menghafal surat al-Ikhlas secara benar dan fasih yang dilakukan secara berkelompok atau dengan teman sebangku bergantian saling menerjemah
Penutup
§  Guru mengulang kembali pelafalan surat al - Ikhlas ayat demi ayat yang diikuti oleh siswa.
§  Siswa menjawab pertanyaan yang telah disediakan.
H.   MEDIA / SUMBER

§  Kartu ayat surat al - Ikhlas
§  Tape recorder
§  Papan penilaian
§  Instrumen kuis
§  Instrumen kerja individu
§  Buku paket

I.      PENILAIAN
      # Lembar kerja siswa #
      Instrumen kerja individu

      Soal  Pilihan Ganda
      Berilah tanda silang (X) pada huruf a  b  atau c untuk jawaban yang paling benar
1.    Al – Ikhlas artinya . . .
a.    Kemurnian keesaan Allah             b.manusia                   c. waktu subuh
2.    Lam yalid walam  . . .
a.    samad                                           b.yulad                                    c. kufuan ahad
3.    Allahus . . .
a.    yulad                                             b.ahad                                     c.samad
4.    Surah al ikhlas terdiri dari . . .
a.    3 ayat                                            b. 4 ayat                      c. 5 ayat
5.     Surah al – Ikhlas diturunkan dikota  . . .
a.    Madinah                                        b. Mekah                     c.Mesir
Kunci Jawaban

1.    a
2.    b
3.    c
4.    b
5.    b

Mengetahui
Kepala Madrasah
  Safriansah S.Pd.I
NIP.19690111199403001
                                          Tenggarong ,02 Agustus 2011
                                          Guru bidang studi Fiqih
                                           Rita Mahmudah S.Pd.I
                                           NIP.198105212011012008
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Sekolah                            : MIN Loa Tebu
Mata Pelajaran                : Al Qur’an Hadits
Kelas / Semester             : I (Satu  / 1  (Ganjil)
Alokasi Waktu                 : 4 X 30 Menit ( 2 X Pertemuan )
A.   STANDAR KOMPETENSI
1.    Menghafalkan surat-surat pendek  secara benar  dan fasih
B.   Kompetensi Dasar
1.1.  Melafalkan, surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ikhlas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih
1.2.  Menghafalkan, surat al-Fatihah, an-Nas, al-Falaq, al-Ikhlas, dan surat al-Lahab secara benar dan fasih
C.   MATERI PELAJARAN
§  Surah al – Lahab
D.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan ke – 1, siswa mampu :
·         Menirukan pelafalan guru secara benar dan fasih dengan dibimbing guru
·         Bermain kartu ayat pada surat al- Lahab (menyocokkan bunyi ayat dan no. Ayat)
Pertemuan ke – 2, Siswa mampu :
·     Membaca berulang-ulang surat al- Lahab  tiap ayat
·     Menghafal berulang-ulang tiap-tiap ayat dari surat al- Lahab
·     Menghafal surat al-Lahab secara benar dan fasih yang dilakukan secara berkelompok atau dengan teman sebangku bergantian saling menerjemah
E.   INDIKATOR
§  Melafalkan surat al- Lahab tiap ayat
§  Melafalkan surat al-  Lahab secara acak
§  Melafalkan surat al- Lahab secara benar dan fasih
·        Menghafalkan surat al- Lahab sesuai urutan ayat
·        Menghafalkan surat al-Lahab secara acak
·        Menghafalkan surat al-Lahab secara benar dan fasih
F.    METODE PEMBELAJARAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar